Kategori , , ,

Uniknya Kuda Laut

Beberapa hari yang lalu sempat liat pagelaran ‘jaranan’ jadi ingin nulis tentang kuda jadinya, tapi kok kayaknya lebih asyik kalau nulis tentang kuda laut, apa sih kuda laut itu?

Kuda laut bukanlah kuda yang sebenarnya, kuda laut adalah sejenis ikan kecil yang hiup di perairan tepi laut yang tenang. Jangan bayangkan kuda laut ini seperti kuda biasanya, ukuran umumnya sekitar 10-15 cm saja.
Kuda laut merupakan hewan yang sangat unik, kita dapat melihat matanya yang lebar dan ‘mocongnya’ yang sangat mirip dengan kuda, ekornya menggulung seperti ujung tanaman pakis. Kuda laut tubuhnya keras karena dilindungi oleh eksoskeleton (rangka luar) dan pada bagian belakang kepalanya terdapat semacam tanduk yang jika liperhatikan akan mirip dengan telinga kuda.

Hewan ini bergerak atau lebih tepatnya berenang dengan mengerakkan sirp kecilnya yang terdapat pada punggungnya. Gerakannya sangat lucu yaitu maju dengan posisi tubuh tegak. Berbeda dengan kuda, jika kuda dapat berlari kencang, kuda laut merupakan perenang yang sangat lambat.  Uniknya lagi kuda laut menggunakan ekornya untuk mengaitkan dirinya pada karang atau tanaman laut ketika terjadi arus yang kuat, sehingga ia tidak hanyut terbawa arus.

Lagi-lagi berbeda dengan kuda sebenarnya, kuda laut merupakan karnivora (hewan pemakan daging). Kuda laut suka memangsa udang-udangan kecil juga crustacea yang lainnya. Jika menemukan mangsanya, kuda aut akan menghirup air di sekitar mangsanya dengan moncongnya sehingga udang kecil tersebut terbawa dan akhirnya masuk dan dimakan oleh sang kuda laut.

Kuda laut adalah hewan yang sangat unik,  dalam perkebangbiakannya, hewan ini mirp dengan hewan bekantong dari benua Australia yaitu kangguru, walaupun sedikit berbeda. Kuda laut betina setelah mengeluarkan telurnya, ia akan meletakkan telur tersebut pada kantong yang terdapat di perut si Jantan, si jantan akan membawa dan menjaga telur tersebut hingga menetas dan bayi kuda laut baru akan keluar dari kantong induknya setelah dia dianggap siap untuk berenang sendiri.

Kuda laut masuk dalam genus Hippocampus dalam famili Syngnathidae. Kuda laut yang sering kita lihat adalah dari spesies Hippocampus Hudsonius.
 
Sumber,
  1. Divegallery.com
  2. http://library.thinkquest.org/5512/seahorse.gi
  3. Microsoft encharta
  4. Endah, Sri dkk, Avertebrata
You speak English?
Read this article in English
 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: