Kategori , , , , ,

Hebatnya Cabe Rawit


Kecil-kecil si cabe rawit, biar kecil pedas rasanya, inget ngak lagu ini, ngetren banget loh pas kita kecil dulu. Ya, pedasnya cabe rawit sering bikin kita berurai air mata, tapi jangan salah, si kecil pedas ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Misalnya aja, dalam berat yang sama kandungan vitamin C dalam cabe rawit 3 kali lebih banyak dari jeruk, vitamin C sangat penting fungsinya dalam meningkatkat daya tahan tubuh. Selain itu dalam cabe rawit juga terkandung nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti zat besi, magnesium, Vit B1, B2 dan juga asam folat yang penting dalam perkembangan janin. Belum lagi capcaisin, zat yang menimbulkan rasa pedas pada cabe ternyata dapat meningkatkan metabolisme, sehingga dapat meningkatkan pembakaran zat makanan, termasuk lemak dan kolesterol. Makanya jangan takut-takut makan cabe !!!

Ada lagi yang manarik dan unik tentang cabe, yaitu, ternyata para ahli telah menentukan standar satuan tingkat kepedasab cabe, hemm aya-aya wae..?

Tingkat kepedasan cabai ditentukan dengan menggunakan skala Scoville Heat Unit. Skala ini ditemukan pada tahun 1912 oleh seorang ahli kimia berkebangsaan Amerika, Wilbur Scoville dengan menggunakan metode Scoville Orgaoleptic Test.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: