Kategori , , , , , ,

Siput Laut (Nudibranch) Si Cantik yang Pemalu

Read article below in English
Pernahkah Anda mendengar istilah siput laut? Saya yakin anda pernah mendengarnya, tapi pernahkan anda melihatnya sendiri atau memegangnya? Nah tulisan berikut setidaknya akan membantu anda untuk tahu sedikit lebih banyak tentang siput laut. Sebagaimana saya singgung dalam tulisan saya sebelumnya tentang pantai kondang merak, Siput laut memang mirip dengan siput yang biasa kita jumpai di daratan tapi tanpa cangkang dan memiliki fariasi warna yang sungguh sangat indah. Ya! Saangaat cantik!

Siput laut sering juga disebut nudibranch. Nudibranch berasal dari bahasa Latin nudus yang berarti telanjang, dan bahasa Yunani brankhia yang berarti insang. Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa, nudibranch memiliki kepala bertentakel, yang sangat sensitif terhadap sentuhan, rasa, dan bau. Rhinophore berbentuk seperti pentungan berperan untuk mendeteksi bau (hidung). Mereka merupakan hewan hermafrodit, tetapi jarang melakukan fertilisasi sendiri. Nudibranch adalah hewan karnivora. Beberapa memakan spons, yang lain hydroida, atau bryozoa, dan beberapa kanibal, memakan siput air lainnya, dan pada situasi tertentu, bahkan anggota spesies mereka sendiri (hii, barangkali masih sodaraan dengan sumanto ya). Bentuk tubuh bervariasi. Ukuran berkisar antara 40 hingga 600 mm. Hewan kecil ini terdapat di seluruh dunia pada semua kedalaman, tetapi mereka mencapai ukuran terbesar dan bervariasi pada perairan hangat dan dangkal. Seperti yang saya temui di pantai Kondang Merak Malang juga pantai Bama Baluran.

Si kecil ini oleh para ahli zoology diklasifikasikan kedalam anggota kelas gastropoda pada filum mollusca. Sebagaimana nama kelasnya, hewan ini berjalan dengan perutnya (gastro = perut, podos = kaki) tubuhnya lunak, dan pergerakannya sangat lambat (namanya juga siput), mungkin sebab itulah makhluk ini dikarunia anugrah berupa warna-warni yang sangat beragam dan indah sebagai bentuk penyamaran/kamuflase sehingga terhindar dari serangan pemangsa. Berikut ini adalah skema anatomis tubuh siput laut dan beberapa contoh foto nudibranch yang berhasil saya kumpulkan dari internet. (hehe, bukan hasi jepretan sendiri)







berikut sketsa morfologi nudibranch



Comments
2 Comments

2 komentar: