Kategori , , ,

Burung (Aves)

 
Burung, hewan yang dikenal memiliki bulu dan sayap. Pada dasarnya, sesungguhnya burung merupakan satu-satunya hewan yang memiliki bulu,  sedangkan sayap, selain dimiliki oleh burung juga dimiliki oleh serangga dan kekelawar. Hampir semua burung dapat terbang, dan bahkan beberapa burung yang tak bisa terbang seerti burung unta dan penguin ternyata berkembang dari nenk moyang yang di yakini dapat terbang.

Di pedalaman Afrika, Burung Unta atau juga disebut Ostrich merupakan spesies burung terbesar yang masih hidup di bumi. Burung unta dapat tumbuh hingga 2,4 meter (8 kaki) dan berat mencapai150 KG. meskipun tidak dapat terang, burung unta dapat berlari hingga ecepata 65 Km/jam (40mph). selain itu, burung ini juga dikenal sebagai spesies yang memiliki tingkat adaptasi yang tinggi, hal ini terbukta bahwa, burung unta dapat ditemukan hidup di daerah pegunungan, padang rumput, sampai daerah padang pasir. Burung unta termasuk dalam kelompok hewan omnivora, yaitu hewan yang makan segala, hewan ini dapat memakan rumput, dedaunan pohon dan semak-semak serta hewan-hewan invertebrate kecil yang bisa dia buru…

Jika tadi kita berbicara entang burung terbesar, kini saatnya membicarakan yang kecil. Dia adalah Selasphorus platycercus, sejenis colibri berekor lebar. Burung ini termasuk dalam kelompok burung penghisap nektar atau madu bunga,  yang memiliki ciri-ciri dari suara dengungan oleh kepakan sayapnya. Kelompok burung colibri memiliki struktur skeletal yang memungkinkannya untuk melakukan kepakan sayap yang sangat cepat. Hewan ini dapat melakkan 22 hingga 78 kepakan sayap setiap detiknya. Sang brungpun dapat melakukan gerakan maju dan mundur di udara selagi menghisap madu dari bunga.  Colibri merupakan anggota dari famili Trochilidae yang merupakan family burung dengan anggota berupa burung-burung terkecil di dunia.

Burung merupakan anggota dari kelompok hewan yang disebut Vertebrata, denagn cirri-ciri utama adanya tulang belakang dan syaraf spinal di dalamnya. Selain burung, anggota kelompok vertebrata antara lain, ikan, mammalia, reptile dan amphibi. Ciri-ciri serta kebiasaan yang dimiliki burung cukup berbeda dengan hewan-hewan lainnya, namun tetap saja ada beberapa persamaan diantara mereka. Seperti halnya mamalia, burung memiliki jantung dengan empat ruang, juga burung merupakan hewan berdarah panas yang memungkinkan burung dapat hidup di berbagai daerah dengan berbagai variasi suhu. Namun begitu, burung juga seperti reptile yang berkembang dari telur yang berada di luar tubuh induknya.

Burung dapat ditemukan di permukaan bumi pada berbagai habitat. Mereka dapat terbang melewati beberpa gunung tertinggi di bumi dan mereka juga dapat kita temukan di kutub bumi, beberapa spesies burung juga dapat menyelam  leih dari kedalaman 250 m, bukan Cuma itu, burung juga bisa bertahan di habitat dengan kondisi terekstrimdi planet ini, misalnya di daerah tundra di gurun sahara juag di daerah bersalju di artic. Tidak hanya itu, sebagian besar burung laut dapat dijumpai pada ratusan kilometer dari pulau terdekat, akan tetapi semua burung ada saatnya kembali ke daratan, terutama saat mereka menetas sampai siap untuk terbang.

Gambar:




Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: