Kategori , , , ,

Derita Saudara Kita di Palestina


Bismillah, Opini maupun ulasan baik dalam bentuk tulisan maupun ungkapan, baik dari sekedar obrolan sampai pernyataan resmi telah banyak sekali yang keluar sebagai respon dari fenomena Israel-Palestina. Di sini ana ingin mencoba mengingatkan kita kembali akan hal tersebut, sehingga ketika Antum membacanya maka kepedulian Antum terhadap krisis Palestina akan tergugah kembali, InsyaALLAH. Dalam tulisan ini ada tiga poin yang akan ana paparkan yaitu:
  • Mengapa Israel menduduki Palestina?

Pendudukan Israel di tanah Palestina sebenarnya adalah murni penjajahan, bahkan penjajahan dalam versi lama (model pendudukan dan penguasaan tanah). Pendudukan Israel di tanah Palaestina merupakan puncak dari gerakan zionisme yang mempersatukan kembali umat yahudi yang telah tercerai-berai pasca perang dunia berkecamuk.

Orang-orang yahudi menganggap tanah Palestina merupakan tanah yang dijanjikan oleh Tuhan untuk mereka, padahal wilayah tersebut merupakan tanah bangsa filistin secara turun temurun dan memang merupakan hak mereka, bukan hak orang-orang yahudi. Dari sini sudah nampak jelas bahwa berdirinya negara Israel di wilayah Palestina adalah sebuah penjajahan yang nyata.
Berdirinya negara Israel juga tidak lepas dari sokongan sahabat mereka yaitu Amerika. Amerika dengan arogansionya yang besar nyata-nyata telah membantu penjajahan Israel terhadap Palestina. Bukan hanya mendukung dalam hal pengakuan eksistensi saja, tetapai Amerika dan sekutunya membantu Israel dalam penyediaan pangan, sarana dan bahkan kekuatan militer. Sesuatu yang sebenarnya tidak masuk akal, bagi Amerika yang telah mentasbihkan dirinya sebagai polisi dunia.
Alhasil bangsa Palestinalah yang, menjadi korban dibawah semua ini.

Nasib Warga Palestina
Akibat dari pendudukan Israel di tanah Palestina, maka otomatis telah merugikan masyarakat pribumi, tidak hanya sekedar merampas tanah-tanah penduduk asli Palestina, serdadu-serdadu Israel juga melakukan beberapa perlakuan keji, diantaranya sebagai berikut:
  1. Pengusiran warga dari tempat tinggalnya, kemudian menempati bekas rumah-rumah tersebut.
  2. Mencabuti tanaman-tanaman pertanian dan membangun pemukiman-pemukiman yahudi diatasnya.
  3. Menguasai sumber-sumber air tanpa memberikan akses kepada warga palistina yang sangat membutuhkan air tersebut.
  4. Membangun tembok pembatas antara pemukiman yahudi dengan pemukiman muslim Palestina.
  5. Melakukan intimidasi dan embargo bahan pangan
  6. Menculik dan membunuh warga Palestina
  7. Dan yang paling menyakitkan bagi warga Palestina sebagai ummat muslim adalah mengisolasi al-aqso dan melarang ummat muslim untuk beribadah didalamnya, masyaAllah…


Penderitaan berkepanjangan yang dialami warga Palestina merupakan penderitaan kita semua sebagai sesama muslim sebagaimana yang disampaikan Rosul, bahwa satu muslim dengan muslim yang lainnya adalah bagaikan satu tubuh, satu bagian terluka, maka sekujur tubuh merasakan sakitnya.
Saudara sesama muslim, di Palestina sana tiap malam gelap gulita, karena aliran listrik mereka diputus oleh Israel, tiap pagi kelaparan, karena pasokan bahan makanan mereka di stop di perbatasan oleh Israel, para pemuda pejuang mereka satu-persatu berguguran di hadapan laras panjang serdadu-serdadu yahudi, anak-anak kecil mereka banyak yang hilang karena diculik dan tidak diketahui nasibnya hingga kini. Semua ini bukan hanya penderitaan warga Palestina, tetapi juga penderitaan umat muslim sedunia, termasuk kita, ummat muslim Indonesia.

Snapshot, kekejaman yahudi dan penderitaan warga palestina!

Reaksi dunia terhadap krisis Palestina
Dalam menyikapi krisis ini, dunia terpecah menjadi beberapa golongan, yang pertama dan yang terbesar adalah golongan yang mendukung Israel, lho kok bisa, bukannya Israel itu penjajah?, bisa saja! karena dengan dukungan kuat Amerika dan sekutu-sekutunya. Dalam hal ini terjadi semacam intimidasi global yang dilakukan oleh Amerika dkk bagi mereka yang mengecam aksi penjajahan Israel. Bahkan di mata golongan ini, para pejuang kemerdekaan Palestina dianggap sebagai teroris bengis.
Kelompok kedua adalah mereka yang mengecam penjajahn Israel dan mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina, misalnya yang dilakukan oleh iran dan beberapa negara arab. Kelompok ini terus memberi dukungan moril serta materi meski harus berhadapan dengan negara-negara kuat yang mendukung Israel.
Sedangkan kelompok yang ketiga adalah Negara yang mendukung Palestina dengan alasan (salah satunya) kemanusiaan tetapi tidak berani secara lantang menyatakannya karena takut akan baying-bayang ancaman Amerika dkk. Barangkali salah satunya adalah negara kita, Indonesia.
Sekali lagi ana mengajak kepada seluruh ummat muslim untuk bersama-sama membela saudara kita di Palestina sana, sebagai manusia sebagai warga negara, sebagai seorang muslim wajib bagi kita untuk membela mereka, bangsa Palestina.(m.i.a)

Contoh aksi solidaritas untuk palestina yang dilakukan di Indonesia, Patut untuk kita teladani. sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memberikan simpati kita terhadap krisis palestina, seperti gambar yang saya temukan ini,

Pemain Bola yang satu ini (F Kanoute) memberikan dukungan untuk warga palestina, kenapa kita tidak!



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: